Minggu, 16 Desember 2012

(Tugas Membuat Jurnal) BAB IV

BAB IV

ANALISIS PEMBAHASAN

4.1 Validitas

Suatu alat ukur dikatakan validbila alat ukur tersebut mengukur apa yangseharusnya diukur (Azwar, 1998:49).Validitas digunakan untuk mengetahuiapakah kuesioner dapat mengungkap datayang ada pada variabel-variabel penelitiansecara tepat. Untuk mengukur validitasalat ukur tersebut digunakan teknik Korelasi Product Moment, dengan mengkorelasikan skor butir dengan skor total. Korelasi skor butir dan skor totalharus signifikan. Pengujian validitas pada tingkat kepercayaan digunakan adalah (@) =5% dimana kuesioner dikatakan valid apabila r hitung > r tabel.
Rumus teknik KorelasiProduct Moment dari Karl Pearson adalah(Azwar, 1998:96) :

Rxy = N(ΣXY)-(ΣX)(ΣY)
     
(ΣX)2(N(ΣY2)-(ΣY)2)

dapat dikatakan bahwa alat ukurpada instrumen “Tangible” semua valid,karena hasilnya lebih besar dari R table yaitu 0,195 sehingga instrumen Tangible valid (layak) untuk dijadikan alat ukur.Pada instrument “Reliability” semua valid,karena hasilnya lebih besar dari R tabelyaitu 0,195 sehingga instrument Reliability valid (layak) untuk dijadikan alat ukur.Pada instrument “Responsiveness” semua valid, karena hasilnya lebih besar dari Rtabel yaitu 0,195 sehingga instrument Responsiveness valid (layak) untuk dijadikan alat ukur. Pada instrument “Assurance” semua valid, karena hasilnyalebih besar dari R tabel yaitu 0,195sehingga instrument Assurance valid(layak) untuk dijadikan alat ukur. Padainstrumen “Empathy” semua valid, karenahasilnya lebih besar dari R tabel yaitu0,195 sehingga instrumen Empathy valid (layak) untuk dijadikan alat ukur.

4.2 Reliabilitas

Reliabilitas adalah sejauh manahasil suatu pengukuran dapatdipercaya(Azwar,1998:49). Perhitunganreliabilitas pada penelitian inimenggunakan teknik analisis yangdikembangkan Alpha Cronbach(Nurgiyantoro,2000:310).
Hasil a> 0,60 = reliable
Hasil a< 0,60 = tidak reliable
Uji reliabilitas dengan rumus:
dapat dikatakan bahwa alat ukur pada instrumen Kinerja dan Harapan semua reliabel, karena jumlahnya berada diatas 0,60 sehingga kesepuluh variable tersebut sangat dipercaya untuk dijadikan variabel dalam penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar